Sebenarnya, apa ya kegunaan kaca film? Apabila Anda melihat mobil-mobil di jalanan yang menggunakan kaca film sehingga kacanya gelap – bahkan sampai-sampai interiornya tidak terlihat dari luar atau hanya terlihat samar – Anda barangkali berpikiran kalau kaca film berguna untuk memberikan privasi bagi pengemudi dan penumpang.

Akan tetapi, rupanya bukan itu saja lho kegunaan atau fungsi dari kaca film alias auto film. Sebab, masih ada beberapa kegunaan kaca film lainnya yang tak kalah penting dan perlu Anda ketahui juga agar Anda segera memasang kaca film untuk mobil Anda. Apa saja kegunaannya?

  1. Mengurangi intensitas panas matahari yang masuk ke dalam kabin.

Manfaat utama dari pemasangan kaca film pada mobil sebenarnya adalah untuk mengurangi jumlah dan intensitas sinar matahari yang menembus kaca dan masuk ke dalam kabin. Dengan demikian, kondisi kabin mobil pun jadi lebih sejuk sehingga terasa lebih nyaman pula. Bukan hanya itu saja, dampak dari kandungan sinar ultraviolet (UV) dan infra merah yang terdapat dalam sinar matahari pun dapat dikurangi, karena keduanya punya efek negatif pada kulit.

  1. Membantu menghemat BBM.

Lho, apa hubungannya pemasangan kaca film dengan BBM? Ternyata ada hubungannya, lho! Karena ternyata pemasangan kaca film terbukti mampu mengurangi konsumsi BBM antara 10-20 persen. Hal ini berkaitan dengan kegunaan kaca film pada poin sebelumnya, yaitu mengurangi intensitas panas matahari di dalam kabin yang bisa membuat kabin terasa gerah. Dan karena panasnya dikurangi, kinerja sistem pendingin atau AC pada mobil Anda pun bisa dikurangi bebannya dalam menjaga kabin mobil tetap sejuk. Lebih jauh lagi, manfaat ini pun memengaruhi jumlah konsumsi BBM yang jadi lebih hemat dibandingkan jika Anda tidak memasang kaca film pada mobil Anda.

  1. Untuk keamanan Anda selama berkendara.

Di samping menjaga kenyamanan Anda dan penumpang di dalam kabin, rupanya pemasangan kaca film juga dapat meningkatkan keamanan Anda selama mengemudi, lho! Pasalnya, apabila nanti terjadi kecelakaan atau hal yang tak diinginkan saat Anda berkendara dan mengakibatkan kaca pecah lantaran tekanan maupun benturan, adanya lapisan kaca film tersebut rupanya bisa “menahan” pecahan kaca supaya tidak pecah berhamburan di dalam kabin, apalagi sampai mencederai Anda maupun penumpang. Meskipun tak ada satupun orang yang menginginkan adanya peristiwa tersebut terjadi, termasuk Anda, pemasangan kaca film dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda apabila peristiwa tersebut terjadi sewaktu-waktu.

  1. Menjaga privasi.

Nah, seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, salah satu manfaat dari pemasangan kaca film adalah untuk menjaga privasi Anda di dalam mobil. Salah satunya adalah agar Anda tidak merasa risih karena ada orang lain yang mengintip interior mobil Anda dari luar, yang disebabkan oleh kaca mobil yang benar-benar transparan. Di samping itu, privasi pun tetap terjaga meskipun Anda sedang meninggalkan mobil yang terparkir di area parkir, indoor maupun outdoor.

  1. Membuat mobil terlihat lebih keren.

Salah satu kegunaan kaca film lainnya adalah untuk menunjang penampilan mobil Anda dari aspek eksterior. Sebab, saat ini memang sudah terbukti bahwa kaca film bisa membuat mobil nampak jauh lebih wow. Apalagi, sekarang ada banyak jenis kaca film dengan warna yang bisa disesuaikan dengan selera atau modifikasi mobil Anda.

Nah, itulah 5 manfaat kaca film bagi mobil dan Anda. Yakin masih mau terus-terusan ragu memasang kaca film untuk kendaraan Anda?

Menu